Gandeng PMI Bali, Kodam IX/Udayana Gelar Donor Plasma Konvalesen

DENPASAR-FBtv | Dalam rangka membantu penanganan pasien Covid-19 di wilayah Bali, Kodam IX/Udayana bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali menggelar kegiatan Donor Plasma Konvalesen bertempat di aula Korem 163/Wira Satya, Denpasar, Selasa (11/8).

Dalam kesempatan tersebut, sebanyak 28 orang prajurit TNI dari Kodam IX/Udayana melakukan donor darah konvalesen. Para pendonor sebelumnya merupakan prajurit yang positif terjangkit Covid-19 yang kini telah dinyatakan sembuh.

Terapi plasma konvalesen merupakan bentuk vaksinasi pasif dari pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh kemudian disalurkan darahnya kepada pasien Covid-19 yang masih dalam keadaan positif Covid-19. Metode terapi plasma konvalesen menggunakan plasma darah pasien Covid-19 yang telah sembuh, hal ini dikarenakan darah pasien Covid-19 yang telah sembuh mengandung kekebalan atau antibodi.

Maka, dengan terapi plasma konvalesen ini diharapkan antibodi pasien Covid-19 yang sudah sehat bisa membantu pasien yang masih sakit untuk mengatasi penyakitnya. Donor plasma konvalesen ini sama seperti transfusi darah pada umumnya.

Panglima Kodam IX/Udayana, Mayjen TNI Kurnia Dewantara mengatakan bahwa nantinya plasma konvalesen ini akan didonorkan kepada pasien positif covid-19 yang ada di Bali. Pihaknya mengaku senang bekerja sama dengan PMI Bali dalam rangka melaksanakan kegiatan donor darah, baik donor darah biasa maupun donor plasma konvalesen.

Lebih lanjut,  Mayjen TNI Kurnia Dewantara menuturkan bahwa ada satu prajurit dari Kodam IX/Udayana yang sudah melakukan uji coba didonorkan plasma dari prajurit lain yang telah sembuh. Dari pengobatan donor plasma tersebut didapatkan hasil yang baik dan kesehatan pasien menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan.