Peringati HUT RI, RSUP Sanglah Gelar Lomba Puisi Secara Virtual

Dalam rangka memperingati dan memeriahkan hari jadi Republik Indonesia ke-75, RSUP Sanglah Denpasar menyelenggarakan lomba puisi secara virtual.

Selain untuk mengenang jasa para pahlawan, lomba puisi ini juga untuk menghibur tenaga kesehatan (nakes) yang sedang berjuang dalam menangani Covid-19. Mengambil tema perjuangan, lomba puisi ini di ikuti oleh para nakes yang bertugas di RSUP Sanglah.


Kasubbag Humas RSUP Sanglah, Dewa Ketut Kresna saat ditemui awak Fajar Bali mengatakan, lomba baca puisi ini menjadi suatu hiburan untuk tenaga medis maupun staf di rumah sakit yang hampir 6 bulan ini berjibaku menangani kasus Covid-19 di RSUP Sanglah. Ia menambahkan, untuk menyambut Hari Kemerdekaan tahun ini cukup berbeda. Tahun-tahun sebelumnya dilakukan secara meriah di RSUP Sanglah seperti lomba menghias ruangan, parade budaya, dan apel. Namun tahun ini dilakukan secara sederhana.

Dewa Kresna menuturkan, pendaftaran lomba baca puisi telah dimulai sejak awal Agustus 2020. Sementara itu, video pembacaan puisi yang telah dikumpulkan oleh peserta akan langsung dinilai oleh tiga juri berkompeten di bidang puisi seperti dr Arya Warsaba Sthiraprana Duarsa, Hartanto, dan GM Sukawidana.
Disinggung mengenai teknik penilaian pembacaan puisi tersebut, Dewa Kresna menjelaskan, penilaiannya meliputi aspek vocal, di mana yang dinilai antara lain kejelasan, artikulasi, penguasaan tempo, ritme, olah suara. Sedangkan aspek penampilan meliputi totalitas, kutuhan pendorma, aksi, gesture, mimik. Sementara aspek penghayatan antara lain keterhubungan emosi dengan puisi, konsentrasi, ekspresi. (dharta)