Gandeng PMI dan PDDI Bali, Aston Kuta Gelar Aksi Donor Darah

FAJAR BALI TV | Beragam cara dapat dilakukan untuk mengekspresikan kebahagiaan merayakan hari jadi. Aksi donor darah menjadi salah satu pilihan dari serangkaian acara memeriahkan HUT Aston Kuta Hotel & Residence.

Kegiatan yang digelar pada Selasa (1/9/2020) tersebut mengikutsertakan keluarga besar Aston Kuta dan diharapkan melalui kegiatan ini dapat menambah rasa kekeluargaan dan kebersamaan di tengah pandemi Covid-19. Aksi donor darah yang diselenggarakan Aston Kuta ini menargetkan 80 orang pendonor, selain itu kegiatan tersebut didukung oleh Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Bali dan Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Provinsi Bali sebagai mitra PMI. Donor darah kali ini dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari memperingati HUT Aston Kuta. Kami ingin berbagi kepada masyarakat terlebih saat ini sedang terjadi wabah pandemi Covid-19 dan perekonomian yang sedang lesu. Kami ingin memberi dengan cara donor darah bersama. Sebelum kegiatan donor darah ini, kami juga sudah melakukan pembagian sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Kami berharap pendonor bisa lebih dari 80 orang,” ungkap Owner Aston Kuta, Dino Dinata saat ditemui awak Fajar Bali disela-sela acara.

Dino Dinata mengungkapkan, perayaan HUT kali ini digelar dengan sederhana guna mengantisipasi penularan Covid-19. Pihaknya menambahkan, saat ini Aston Kuta sudah beroperasi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Selain itu, Aston Kuta telah terverifikasi dan mengantongi sertifikat dari tim verifikasi Kabupaten Badung. Aston Kuta siap dan berkomitmen penuh menjalankan protokol kesehatan dalam upaya melindungi karyawan dan wisatawan dari paparan Covid-19. “Tentu kami selaku pelaku pariwisata sangat membutuhkan dukungan dari pemerintah dan masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan prokes. Kami juga meminta doa kepada masyarakat supaya pandem Covid-19 ini cepat berlalu dan usaha kami maupun industri pariwisata lainnya dapat berjalan dengan normal kembali,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala UTD PMI Bali, dr. I Gede Wiryana Patra Jaya sangat mengapresiasi dan berterima kasih setinggi-tingginya atas kegiatan donor darah yang digelar pihak Aston Kuta. Melalui kegiatan ini pada akhirnya dapat membangkitkan para pendonor untuk tetap bisa melakukan donor darah di masa pandemi. Dengan penerapan protokol Kesehatan yang dilakukan PMI, donor darah di masa pandemi tetap aman dan sehat. “Dalam penerapannya ini harus dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan. Selain itu, tim PMI juga melakukan pengecekan suhu tubuh dan pengaturan jarak tempat duduk calon pendonor dan alur donor darah sampai dengan pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) standar bagi para petugas, serta tidak lupa untuk mewajibkan penggunaan masker. Kami akan terus mengadakan terobosan-terobosan untuk kembali menggalang donor darah baik melalui internal maupun eksternal melalui para donatur yang peduli dengan kemanusiaan khususnya kebutuhan darah,” ujarnya. Aksi kemanusiaan ini adalah aksi yang sangat mulia di tengah pandemi Covid-19, mengingat ketersediaan darah di PMI saat ini sangat minim.

“Inilah yang perlu kita terus mencari pendonor, baik pendonor reguler maupun pendonor dadakan dalam aksi seperti yang dilakukan hari ini,” imbuhnya. Senada dengan dr Wiryana Patra Jaya, Ketua PD PDDI Provinsi Bali, Ketut Pringgantara mengungkapkan, selaku mitra PMI, PDDI sangat mendukung segala kegiatan donor darah di manapun dilaksanakan, hal ini merupakan kegiatan yang sangat positif dalam menunjang ketersediaan darah untuk menyelamatkan nyawa sesama.

”Saya sangat mengapresiasi kegiatan donor darah Aston Kuta yang telah memberi kesempatan bagi PMI dan PDDI untuk melakukan kegiatan donor darah. Semoga kegiatan ini menggugah hati semua orang baik secara pribadi maupun kelompok masyarakat ke depan dan makin banyak kegiatan serupa di hotel-hotel maupun industri pariwisata lainnya yang ada di Badung maupun Bali agar persediaan darah kita mencukupi,” tuturnya. (dar).